02 Juli 2011

Kembali ke budaya Siri' na Pacce

Dalam adat  orang makassar kalimat Siri'na pacce senantiasa melekat dalam diri setiap individu.  Budaya ini merupakan warisan nenek moyang orang makassar yang sudah turun temurun sampai pada generasi sekarang maupun generasi berikutnya. Seiring dengan berkembangya peradaban manusia orang makassar, budaya ini seolah hanya tinggal nama saja bahkan orang - orang tidak peduli lagi dengan budaya tersebut padahal ini merupakan nilai moral yang di ajarkan nenek moyang kita.
ironisnya di jaman sekarang budaya siri' na pacce banyak di salah pahami sehingga melahirkan manusia - manusia pa'bambangan na tolo. inilah kenyataannya, namun saya berusaha untuk mencoba menjelaskan kembali mengenai siri' na pacce ini dalam konteks pemahaman dalam kehidupan sehari -hari.
Dari segi definisinya Siri' artinya Rasa Malu. Sehingga dapat jelaskan bahwa siri' itu merupakan rasa malu yang keluar dari diri seseorang ketika ia tidak bisa memberi manfaat buat orang banyak. Menurut pemahaman saya hanya orang - orang yang bisa memberikan manfaat buat orang lain itu yang punya siri'. Klo kita tidak bisa menjadi orang yang bermanfaat berarti kita tidak punya siri' atau rasa malu. Oleh karena itu orang tua saya sering berpesan begini bonei kalennu siri' mannamamo sikedde asala nia' yang artinya tanamkan dalam dirimu rasa malu itu walaupun hanya sedikit. Maksudnya bermanfaatlah untuk dirimu sendiri agar hidupmu ini bisa bermakna. Budaya siri' ini kalau dalam budaya jepang di sebut Harakiri dimana orang - orang jepang akan menusukkan dirinya pedang ke dalam perutnya ketika ia tidak bisa berbuat untuk orang banyak. 
Definisi Pacce artinya pedih, sakit hati, rasa ingin memiliki. Sehingga pacce dapat di definisikan sebagai sifat empati terhadap diri sendiri maupun orang lain. Sifat pacce ini memiliki 3 nilai dasar yaitu:
  1. Sipakatau artinya sifat salaing menegur, tolong menolong, memberi dalam hal kebaikan.
  2. Sipakainga artinya saling mengigatkan, saling menasehati  antara satu dengan yang lain.
  3. Sipakalebbi artinya mengormati dan menghargai seseorang.
Inilah budaya yang harus kita jaga sebagai anak makassar, agar kelak kehidupan kita senantiasa bermanfaat, bermakna dan mendapat berkah dari Allah SWT

1 komentar:

  1. The Star Grand at The Star Gold Coast - JT Hub
    Featuring an 용인 출장샵 outdoor pool and access to the 동해 출장샵 Star Gold Coast Hotel, this lavish resort is set 1.1 km from the centre of 청주 출장안마 the city. 구리 출장마사지 The Grand at The Star Gold 화성 출장마사지 Coast is

    BalasHapus